Rabu, 13 Februari 2013

Definisi Cahaya


Apa itu CAHAYA ???????

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti telah mengenal cahaya, seperti cahaya matahari dan cahaya lampu. Cahaya penting dalam kehidupan, sebab tanpa adanya cahaya tidak mungkin ada kehidupan. Jika bumi tidak mendapat cahaya dari Matahari, maka bumi akan gelap gulita dan dingin sehingga tidak mungkin ada kehidupan            .

Cahaya dianggap sebagai gelombang dan cahaya dianggap sebagai partikel. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik. Karena cahaya tidak memerlukan medium untuk merambat, cahaya merambat dengan sangat cepat yaitu dengan kecepatan 3 x 108 m/s. Artinya dalam waktu satu sekon cahaya dapat menempuh jarak 300.000.000 m atau 300.000 km. Setiap benda yang memancarkan cahaya disebut sumber cahaya dan setiap benda yang tidak dapat memancarkan cahaya disebut benda gelap. Cahaya memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
  • Dapat dilihat oleh mata
  • Merambat dengan lintasan lurus
  • Dapat merambat diruang hampa (tanpa zat perantara)
  • Dapat mengalami pemantulan, pembiasan, dapat dipadukan (interferensi)
  • Memiliki energy


Gambar 1.  Cahaya lilin hanya akan terlihat apabila nyala lilin, ketiga lubang pada kertas, dan mata berada pada satu garis lurus.


Oleh karenanya cahaya yang merambat digambarkan sebagai garis lurus berarah yang disebut sinar cahaya , sedangkan berkas cahaya terdiri dari beberapa garis berarah seperti pada Gambar  berikut. Berkas cahaya bisa paralel, divergen (menyebar) atau konvergen (mengumpul).

Ket . Cahaya merambat dalam garis lurus yang disebut sinar cahaya sedangkan berkas cahaya   digambarkan   dengan beberapa garis berarah


Bayang-bayang terjadi sebagai akibat cahaya merambat pada garis lurus. Bayang-bayang merupakan suatu daerah gelap yang terbentuk pada saat sebuah benda menghalangi cahaya yang mengenai suatu permukaan.


0 komentar:

Posting Komentar