Selasa, 23 April 2013

Kamera


KAMERA  

Alat Optik Kamera
   
              Apakah kamu menyimpan foto-foto favorit kamu dalam album? Pernahkah kamu berfikir tentang bagaimana sebuah kamera memindahkan bayangan ke sebuah film? Sebuah kamera mengumpulkan cahaya melalui sebuah lensa dan memproyeksikan bayangan pada film atau sensor yang peka terhadap cahaya.
Pada saat kamu mengambil gambar suatu benda dengan sebuah kamera, cahaya dipantulkan dari benda tersebut dan masuk ke lensa kamera. Kamera memiliki diafragma dan pengatur cahaya (shutter) untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa. Dengan jumlah cahaya yang tepat akan diperoleh foto atau gambar yang jelas. Sementara itu, untuk memperoleh foto yang tajam dan tidak kabur perlu mengatur fokus lensa. Cahaya yang melalui lensa kamera tersebut memfokuskan bayangan benda pada film foto. Bayangannya nyata, terbalik, dan lebih kecil daripada benda aslinya. Perhatikan persamaan prinsip kerja kamera sederhana ini dengan diagram cahaya lensa cembung. Ukuran bayangan tersebut bergantung pada panjang fokus lensa dan jarak lensa itu pada film tersebut. Misalkan kamu dan teman kamu memotret benda yang sama dan pada jarak yang sama. Gambar kamu akan kelihatan berbeda dengan gambar temanmu jika kamera yang digunakan mempunyai lensa yang berbeda. Beberapa lensa yang mempunyai panjang fokus pendek menghasilkan bayangan benda yang relatif lebih kecil, namun mencakup banyak obyek di sekelilingnya. Lensa ini dinamakan lensa sudut lebar. Karena panjang fokusnya
Alat optik merupakan alat yang berkaitan dengan cahaya atau bekerja dengan cahaya. Alat tersebut dapat berupa mata, lup, kamera, mikroskop, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar